Sistem Pendidikan di Spanyol

Berdasarkan perhitungan terakhir, sistem universitas di Spanyol terdiri dari 84 universitas, dimana 50 diantaranya adalah universitas negeri dan sisanya swasta.

Seperti halnya di Indonesia, universitas di Spanyol juga menjalankan pendidikan di tingkat sarjana (grado), magister (máster), dan doktoral (doctorado).

Grado (S1)

Pada umumnya, mahasiswa tingkat grado di Spanyol harus menempuh 4 tahun pendidikan dengan total 240 European Credit Transfer System (ECTS; semacam SKS di Indonesia). Namun sejak tahun 2015, universitas di Spanyol bisa melaksanakan pendidikan dengan hanya 180 ECTS (setara dengan tiga tahun perkuliahan) kecuali untuk bidang-bidang tertentu seperti teknik (ingeniería), arsitektur (architecture), atau kedokteran (ciencas de la salud).

Untuk mengambil pendidikan tingkat grado di Spanyol, calon mahasiswa dengan ijazah dari Indonesia harus melakukan penyetaraan ijazah dan mengikuti tes masuk perguruan tinggi.

Posgrado: Máster dan Doctorado (Setelah S1)

Untuk tahap Máster, mahasiswa pada umumnya harus menyelesaikan antara 60 sampai 120 ECTS, tergantung jurusan yang diambil sebab beberapa jurusan ada yang ditempuh dalam waktu 1 tahun dan ada yang 2 tahun.

Dan terakhir, untuk jenjang doktor, mereka diwajibkan mengambil perkuliahan sebanyak setidaknya 60 ECTS (yang bisa diambil dari kredit di jenjang Máster, kemudian dilanjutkan dengan menyelesaikan disertasinya.

Di dalam pendidikan tingkat doktor di Spanyol, ada kemungkinan mahasiswa menempuh pendidikan Doktor Internasional yang kemudian mendapatkan gelar Doctorado Europeo. Untuk mendapatkan gelar ini, mahasiswa program doktor harus melakukan penelitian di luar negara Spanyol paling tidak selama 3 bulan. Selain itu, bahasa disertasi yang digunakan juga harus menggunakan bahasa resmi Uni Eropa selain bahasa Spanyol dan dibimbing oleh dua dosen pembimbing yang ahli di bidangnya; satu dari Spanyol dan satu lagi dari luar Spanyol. Jika penelitian dilakukan di divisi R&D perusahaan, maka mahasiswa memiliki kesempatan mendapatkan gelar doctorado mención industrial.

Perlu diketahui bahwa di Spanyol ini dua jenis program master, master oficial dan master propio. Master oficial ini biasanya berdurasi 2 tahun dan memiliki 120 ECTS. Sedangkan master propio biasanya berdurasi 1 hingga 1,5 tahun dan memiliki 90 ECTS. Keuntungan master oficial dibandingkan master propio adalah master ini memiliki peluang kerja yang lebih banyak dan diterima secara mudah untuk melanjutkan Doctorado/PhD/S3 di kampus-kampus Uni Eropa. Sedangkan untuk lulusan master propio belum tentu universitas-universitas di Spanyol bisa menerima untuk jenjang S3.

Pertukaran Pelajar dan Kursus Bahasa

Selain mereka yang ingin mendapatkan gelar dari universitas di Spanyol, banyak juga pelajar Indonesia yang datang untuk menjalani program pertukaran pelajar atau mengikuti kursus bahasa.

Program pertukaran pelajar pada umumnya berlangsung selama 4-6 bulan. Mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar akan belajar di universitas di Spanyol seperti layaknya mahasiswa reguler serta mengikuti acara-acara kebudayaan.

Kursus bahasa Spanyol umumnya berlangsung antara 1 bulan hingga 1 tahun, tergantung program yang ditawarkan oleh sekolah bahasa masing-masing. Biasanya sekolah bahasa ini membantu para calon siswanya untuk persyaratan visa pelajarnya sebagai izin tinggal selama di Spanyol.

Pilihan Universitas di Spanyol

Tidak  sulit untuk  menemukan ranking  universitas-universitas  di Spanyol, walaupun bukan  merupakan suatu tradisi yang  melekat pada beberapa negara lain  seperti Amerika Serikat, Australia, dan  Inggris yang biasa memberikan ranking atas  universitas-universitas yang mereka miliki. Di  Spanyol, terdapat beberapa lembaga/institusi yang  biasa melakukan ranking atas universitas-universitas yang ada, baik milik pemerintah (negeri) ataupun milik swasta, yaitu:

  • Ranking yang disusun oleh surat kabar harian El Mundo, yang berfokus pada 50 jurusan dari berbagai pusat studi (Fakultas, Sekolah Tinggi, dan Universitas) dan tiap jenis bidang studi (Hukum, Ekonomi, Kedokteran, Informatika, Sosial, Biologi, Sains/Ilmu Alam, dll). Ranking saat ini bisa dilihat di http://www.elmundo.es/especiales/ranking-universidades/index.html
  • Profil universitas yang disusun Aneca (Agencia Nacional de Evaluación de la Calidad Y Acreditación), yaitu badan yang bertugas untuk mengevaluasi kualitas universitas-universitas di Spanyol. Situs ini sangat berguna untuk mengetahui secara komprehensif kualitas dari jurusan dan universitas yang dituju. Info lebih lengkap lihat di tautan Berikut: http://www.aneca.es/eng

Pedoman umum yang bisa digunakan dalam memilih universitas adalah:

  1. Menentukan berdasarkan Jenis, yaitu apakah universitas negeri atau swasta. Pada umumnya universitas-universitas negeri di Spanyol terkenal akan kualitasnya. Walaupun universitas-universitas swasta yang ada pun saat ini telah menunjukkan peningkatan yang cukup berarti dan memiliki kualifikasi internasional seiring masuknya Spanyol dalam Uni Eropa pada akhir tahun 1980-an.
  2. Usia. Adalah suatu keunggulan bila dalam memilih suatu universitas di Spanyol berdasarkan usia universitas tersebut. Apalagi bila ingin mempelajari beberapa bidang klasik. Di Spanyol banyak universitas yang telah berusia ratusan tahun, seperti: Salamanca, Barcelona, Madrid, Sevilla, Valladolid, Valencia, Oviedo, Santiago de Compostela, Alcala de Henares, dan Granada. Dunia internasional pun mengakui kekayaan warisan intelektual yang dimiliki universitas-universitas tersebut.